Kita semua pasti sontak terkejut dengan apa yang dilakukan Ubisoft. Tanpa pengumuman sebelumnya, tanpa teaser, tanpa tedeng aling-aling, mereka tiba-tiba melakukan soft launching untuk Assassin’s Creed Identity di Apple App Store New Zealand. Tentu saja saya tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini untuk mencoba game tersebut, walaupun entah sudah berapa banyak seriAssassin’s Creed yang diumumkan oleh Ubisoft untuk PC ataupun console.
Meskipun sudah banyak seri Assassin’s Creed yang diumumkan tahun ini, penggunamobile tidak pernah merasakan bagaimana sensasi bermain action RPG sungguhan layaknya pada versi PC atau console.Maklum, sejauh ini Ubisoft hanya memberikan appetizer untuk pengguna iOSatau Android dengan merilis Assassin’s Creed Pirates dan Assassin’s Creed Memories. Keduanya hanyalah spin-off dari seri Assassin’s Creed yang kita kenal dengangameplay peperangan di laut sebagai bajak laut, atau card battle pada Assassin’s Creed Memories.
Assassin's Creed Identity | Screenshot 1
Assassin's Creed Identity | Screenshot 2
Seperti yang kamu lihat pada screenshot di artikel ini, kamu akan menemukan genreaction RPG dengan tugas utama adalah menghabisi target dalam game tanpa diketahui musuh. Tetapi sensasi yang saya rasakan sebelum memulai Assassin’s Creed Identity dinodai dengan ukuran game ini. Memang yang tertera di halaman Apple App Store, game ini hanya 90,7 MB. Semuanya masih normal ketika proses install selesai dengan ukuran yang membengkak menjadi 270 MB. Namun ketika masuk ke dalamgame, kamu ternyata harus mengunduh filetambahan sebesar 420 MB. Backstab dari belakang langsung terasa menikam saya.
Terlepas dari ukuran game tersebut (maklum kualitas internet di Indonesia masih buruk yang membuat sebagian orang berpikir sepuluh kali untuk download), kegembiraan saya bangkit kembali setelah prosesdownload selesai. Masuk dalam game kamu akan langsung dihadapkan pada pilihan kelas seperti Berserker, Shadowblade, Trikster, dan Thief (masih terkunci di awalgame). Semua kelas tersebut mempunyai kelebihannya masing-masing dan tergantung kamu suka tipe menyerang langsung atau sembunyi-sembunyi mengelabui musuh.
Setelah proses tersebut kamu bisa memilih nama dan bentuk muka yang kamu kehendaki. Namun di Assassin’s Creed Identity kamu tidak akan menemukan sebuah setting tetap seperti Assassin’s Creed IV: Black Flag yang mengandalkan setting Karibia sebagai bajak laut, atau Assassin’s Creed Unity yang mempunyai tema revolusi Perancis. Di game yang dibuat khususmobile ini, kamu akan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Lokasi pertama yang saya mainkan adalah Italia.
Assassin's Creed Identity | Screenshot 3
Di dalam setiap lokasi, ada banyak misi yang bisa kamu selesaikan seperti membunuh para mercenaries, melakukan pembunuhan seorang target, free running dalam kurun waktu tertentu, sampai mencuri barang dari seseorang. Semua misi tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda mulai dari yang termudah sampai tersulit.
Walaupun dalam keterangan di halaman Apple App Store, seri Identity memiliki gayaopen sandbox, namun saya merasakan mapyang disediakan tidak terlalu besar. Namun tidak menjadi masalah yang besar, map yang disediakan, AI, dan musuh yang tersebar sudah cukup membuat kamu tertunduk menatap layar iPhone atau iPad selama berjam-jam.
Kontrol cukup mudah, kamu bisa menggerakkan karakter dengan cara tap di sebuah tempat atau dengan D-Pad di bagian kiri layar. Sedangkan menggerakkan kamera bisa menggunakan swipe di sebelah kanan layar. Bagaimana dengan membunuh musuh? Ketika kamu mendekat ke arah musuh ada sebuah indikator yang memperlihatkan tanda tengkorak dan kamutap di sana untuk mulai menikam musuh.
Assassin's Creed Identity | Screenshot 4
Apa yang seru dari game ini adalah sebuah petualangan menyelesaikan misi sambil sembunyi-sembunyi. Benar, ada unsurstealth di sini yang mengharuskan kamu berjalan pelan-pelan, menyamar menjadi penduduk biasa, bersembunyi, sampai pada akhirnya melihat keadaan yang tepat untuk membunuh musuh. Bila kamu tidak menggunakan cara ini, bisa saja kamu bertindak secara frontal dengan langsung membunuh musuh di depan beberapa penjaga. Akibatnya mereka akan melihat kamu dan mulai menyerang. Bila kamu beruntung, kamu bisa lari dan bersembunyi, tetapi bila tidak, hanya kecepatan tangan kamu menyentuh layar dan tap pada musuh untuk menghunusnya dengan pedang yang bisa menyelematkan nyawa kamu, atau malah kamu akan mati kehabisan darah.
Itulah inti dari game ini, semakin banyak kamu berhasil membunuh musuh di samping target utama, maka semakin besar juga koin serta encrypted item yang bisa kamu dapatkan. Ya, ada encrypted item di sini, di mana kamu harus decrypt untuk mendapatkan item. Semakin banyakencrypted item yang kamu punya, maka kesempatan kamu untuk memperoleh itemyang bagus akan semakin besar.
Sektor RPG yang diterapkan adalah kemampuan kamu untuk upgrade karakter dengan menggunakan skill tree yang cukup dalam, dan juga kostum yang akan memberikan peningkatan kemampuan juga. Karena sepertinya game ini akan mengandalkan model free to play, maka waktu tunggu ketika menerapkan skill treeakan kamu temukan. Sejauh ini waktu tunggu ini masih terlihat normal, saya masih belum tahu bagimana jika kamu sudah memainkan game ini lebih lanjut.
Assassin's Creed Identity | Screenshot 5
Assassin's Creed Identity | Screenshot 6
Sejauh ini, Assassin’s Creed Identity adalah seri Assassin’s Creed di mobile yang paling mirip dengan versi PC atau console.Meskipun masih ada beberapa glitch di sektor grafis, tetapi saya sangat menikmatigame ini. Jelas, seri Identity merupakan sebuah angin segar bagi pengguna mobileuntuk merasakan game Assassin’s Creedyang kembali ke identitas awal, ke akar gameini.
Belum ada kejelasan kapan Assassin’s Creed Identity akan hadir di iOS. Setali tiga uang, versi Android juga masih samar-samar. Bagi kamu yang mempunyai akun Apple App Store New Zealand, langsung saja nikmatigame ini melalui tautan berikut ini.