A Simple Blog that Like to Share!

Minggu, 14 Februari 2016

Cloning Data Smartphone dengan Mudah

Transfer file atau data antar perangkat smartphone sudah lumrah dilakukan. Apalagi, untuk Anda yang ingin mengganti smartphone baru, namun tidak ingin file atau data dari smartphone lama hilang.

Sejatinya, banyak cara yang bisa , untuk memindahkan data dari smartphone lama ke yang baru. Bisa menggunakan cara manual, atau memanfaatkan aplikasi defaut maupun pihak ketiga. Hanya saja, cara-cara tersebut tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan dengan lancar dan maksimal. Misalnya, ada yang hanya bisa memindahkan daftar rkontak, atau hanya file foto maupun video.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengkopi hampir semua data yang ada di smartphone lama? Mulai dari daftar kontak, call log, SMS/MMS, aplikasi, foto, video, music hingga event yang ada di calendar. Sekarang ada cara yang lebih peraktis dan cepat. Anda cukup memanfaatkan aplikasi bertajuk “CLONEit”.

Aplikasi besutan SuperTools Corporation ini sejatinya tak jauh beda dengan SHAREit yang menjadi aplikasi file transfer default di smartphone Lenovo. Hanya saja, COLEit menawarkan user interface yang lebih ringkas dan sederhana. Proses transfernya pun diklaim lebih cepat 200 kali disbanding Bluetooth konvensional, yakni mencapai 20M/s. Pasalnya, CLONEit memanfaatkan koneksi WiFi untuk proses cloning data ini.




Tak hanya itu saja, CLONEit juga bisa memindahkan konten-konten khusus seperti APP data, serta system settings (Bookmark browser, WiFi password dan sebagainya). Jadi, tak hanya file-file standar yang ada di memori internal ponsel maupun yang tersimpan di SD card.



Nah, buat yang penasaran ingin mencoba cara meng-kloning data smartphone dengan mudah dan cepat, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.    Unduh aplikasi CLONEit dari Play Store. Pastikan, aplikasi ini Anda install di kedua ponsel. Ponsel Anda dan ponsel target yang ingin dipindahkan datanya.
   



2.    Setelah terinstal, buka dan jalankan aplikasi CLONEit di kedua ponsel.




3.    Di sini, Anda akan disuguhkan interface yang sederhana. Hanya ada opsi ‘Receiver’ dan ‘Sender’.




4.    Selanjutnya, tentukan mana smartphone yang ingin dipindahkan datanya dan mana yg jadi penerima.
5.    Untuk smartphone pengirim, pilih ‘Sender’. Dan ponsel penerima, pilih ‘Receiver’.
6.    Secara otomatis, koneksi WiFi di smartphone akan aktif dan langsung mencari ponsel target.




7.    Jika tidak langsung terdeteksi, Anda bisa menambahkannya secara manual dengan cara mengkoneksikan WiFi keduanya di opsi pengaturan standar ponsel.
8.    Setelah terkoneksi, di smartphone target akan muncul daftar konten data/file yang bisa dikloning atau dipindahkan.





9.    Berikutnya, pilih folder-folder tersebut. Di langkah ini, Anda bisa pula melihat detil dari file yang ada di folder data tersebut dengan menekan “Click hereto Choose details”.





10.    Jika semua data yang Anda harapkan sudah terconteng dan siap untuk dipindahkan, pilih ‘Start’.




11.    Proses kloning akan secara otomatis berjalan, dan semua data tersebut pun akan berpindah tangan.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select