A Simple Blog that Like to Share!

Kamis, 11 Februari 2016

Penemu Laptop Adam Osborne

Selamat siang, kali ini saya akan sharing tentang salah satu tokoh yang penting terutama dalam sejarah teknologi. Dia adalah Penemu Laptop.
Laptop, siapa yang tak mengenal computer portable ini? Banyak kita jumpai orang-orang  yang menggunakan laptop, entah itu untuk kerja, internetan, mendesign, bermain game, dan lainya. 

Nah, Taukah kamu soal orang yang telah berjasa menemukan laptop? Orang tersebut adalah Adam Osborne. Memang, ide tentang laptop banyak digagas oleh tokoh yang lain. Namun, Adam Osborne-lah yang kemudian tercatat sebagai orang pertama menciptakan computer yang benar-benar portable, yang kemudian dukenal dengan sebutan “Laptop”.



Adam Osborne adalah warga keturunan inggris yang lahir di Thailand pada tahun 1939. Pada usia 11 tahun, oleh kedua orang tuanya, Osborne dibawa pulang ke negaranya. Pada tahun 1961, Osborne lulus dari Universitas Birmingham sebagai sarjana muda di bidang teknik kimia. Kemudian ia pergu ke amerika untuk melanjutkan studinya di Universitas Delaware, dan meraih  gelar Ph.D di bidang teknik kimia.
Selepas kuliah, ia sempat bekerja di perusahaan besar Shell Oil. Namun, ia keluar dan lebih memilih bekerja sebagai penulis praktis, khususnya tentang perkembangan mengenai computer. Nah, dari hasil penulisannya selama bertahun-tahun, Osborne mulai menemukan sebuah konsep computer praktis yang dapat benar-benar berguna, dan dapat ‘bergerak’ bersama orang yang menggunakannya, serta dapat digunakan kapan saja dan di mana saja orang itu berada. Ia berpikir bahwa perusahaan computer yang ada saat itu belum ada yang mempunyai konsep tersebut. Maka, untuk mewujudkan konsepnya tersebut, kemudian Osborne mengalihkan tenaga dan pikirannya untuk mendesign computer yang portable, menarik, mudah digunakan, dan kuat.
Pada bulan Maret 1980, Osborne bekerja sama dengan Lee Felsenstein, yang tengah mendesign papan sirkuit untuk teknologi prosesor. Mengikuti spesifikasi yang diajukan Osborne, Felsenstein mulai mendesign sebuah computer yang portable, yang bisa diletakkan di bawah tempat duduk pesawat terbang. Komputer itu hanya memiliki berat 24 pon, memiliki display 52 kolom yang terangkum dalam layar 5 inchi, memiliki tabung pelindung, dan memiliki 2 disk drive. Agar dapat memenuhi kebutuhan display yang kecil, Felsenstein menyimpan informasi satu layar prnuh dalam memori, dan memberi para enggunatombol-tombol yang memungkinkan mereka menggulung layar memori yang tampak pada display.
Begitu Hardwarenya terwujud, Osborne menghubungi beberapa penyedia software, dan membuat perjanjian untuk menyediakan bahasa BASIC dan CBASIC, pengolah kata WordStar, dan progam pengolah data SuperCalc bersama setiap computer. Maka pada bulan April 1981 terwujudlah computer portable hasil buah piker Osborne yang diberi nama Osborne 1. Osborne 1 merupakan computer portable pertama dengan berat 12 Kg. Lewat perusahaanya, Osborne Computer Coorpration (OCC), Osborne 1 terjual hamper 10.000 unit perbulannya.

Namun, Perusahaan Osborne mengalami kebangkrutan akibat adanya saingan dari perusahaan besar macam Apple yang meluncurkan computer portable model Apple lic, dan IBM dengan IBM PC Convertible pada tahun 1986.
Adam Osborne meninggal dunia pada tanggal 25 Maret 2003 di Kondiakanal, India Selatan, akibat menderita penyakit yang berkepanjangan pada otaknya.
Nah, itulah Sejarah singkat soal Penemu Laptop Adam Osborne, Bagaimana, menarik bukan?? Dunia mengenangnnya sebagai orang pertama yang menciptakan computer portable atau biasa disebut notebook atau laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Night Diamond - Link Select